Minggu, 16 September 2012

Potensi Pansel Kabupaten Blitar

. Minggu, 16 September 2012

 Belum Optimal Ditangani
 
Blitar | Mahkota - Kabupaten Blitar memilikihamparan laut pantai selatan cukup luas dengan panorama indah yang tepat untuk kunjungan wisata, selain itu, pantai selatan diwilayah Kabupaten Blitar sangat potensi bagi nelayan.
    Potensi yang dimiliki Kabupaten Blitar dari segi pengelolaan kelautan dari hasil perikanan maupun wisata, dibenarkan oleh Herry Noegroho Bupati Blitar, Namun Herry tak menampik jika Kabupaten Blitan belum optomal menanganinya.
    Hal itu seperti dikatakan Herry Noegroho melalui bagian Humas "Kabupaten Blitar  mempunyai  banyak Potensi Pantai, sayangnya pemerintah belum bisa merealisasikan pembangunan dermaga.
    Sehingga nelayan  tidak bisa mendaratkan ikanya di kawasan Blitar dan terpaksa harus mendaratkan ikan ke  luar daerah. Menurut Bupati  sebenarnya Pemerintah Kab. Blitar sudah mempunyai keinginan membangun Pelabuhan Perikanan untuk mendukung  Tempat Pelelangan Ikan yang telah ada.
    Namun sayang   belum bisa mengembangkan lebih besar karena  keterbatasan anggaran sehingga akan di serahkan ke Provinsi untuk pembangunan dan pengelolaanya. Untuk itu pihaknya akan melakukan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi.
    Sementara  Ketua DPRD Kab. Blitar, Guntur Wahono, mengaku tidak adanya dermaga di Kab. Blitar membuat nelayan di Blitar harus menjual ke luar daerah. Sehingga hal ini berpengaruh terhadap kesejahteraan nelayan.
    Harapan, Kabupaten Blitar memiliki pelabuhan perikanan, sangat dielu-elukan dan jika nantinya keinginan warga nelayan itu terpenuhi, Kehidupan nelayan diharap bisa terkatrol karena makin mudahnya menjual hasil tangkapan.
    Selain itu, dengan adanya pelabuhan perikanan, mau tidak mau memiliki warna tersendiri dengan hilir mudiknya para nelayan dan perahu mereka. Pariwisata ikut kebagian berkah. Dengan kebaradaan aktifitas nelayan, panorama pantai selatan kian bagus untuk sajian wisata.
    Keberadaan pelabuhan perikanan, dampak lain yang ikut terkatrol adalah terbukanya lahan pekerjaan pelengkap, diantaranya kedai dan tak menutupkemungkinan di pelabuhan akan diwarnai dengan hiburan seni tradisional tiap hari libur.
    Kapan, Kabupaten Blitar memiliki pelabuhan dan wisata bahari meningkat dengan adanya pelabuhan maupun aktifitas dagang dalam bentuk kedai, saat ini masih terbatasmimpi. Semoga mimpi itu segera menjadi nyata agar Blitar kian tenar. (Gus/Hum/kabBltr)

0 komentar:

Posting Komentar

BERITA YANG BANYAK DIBACA

  © TABLOID MAHKOTA ..Redaksi ..Dan Jl. Kedondong 174 Blitar Jawa Timur

Ke : HALAMAN UTAMA